Resep Membuat Roti Tawar

Penting ! Istri saya sudah membuat posting serupa ini di blog dia sendiri di sini. Silahkan kalo mo konsultasi, ke sono ajah. hehehe. Maklum, saya yang bagian rebutan sama anak-anak kalo istri udah mulai ngeluarin mixer. Tapi kalo mo baca posting saya juga boleh. Asal kalo mo nanya ke blog istri. Oke, lanjut.

Tadi pagi ada teman di milis menanyakan tentang resep membuat roti tawar. Bagi istriku tersayang, urusan bikin roti sih sepele. Jadi saya tanya ke dia dan sekarang saya posting di sini supaya co-konco yang lain juga tau (bagi yang butuh).

Bahan – bahan yang diperlukan untuk resep roti tawar adalah:
1. Tepung terigu protein tinggi 1 kg
2. Ragi instant 15 gram
3. Gula pasir 60 gram
4. Mentega putih 60 gram
5. Garam 15 gram
6. Susu bubuk 40 gram
7. Air dingin 630 ml

Cara membuat  roti tawar:
1. Masukkan tepung terigu protein tinggi, ragi instant, gula pasir, dan susu bubuk, aduk hingga rata.
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit dan aduk hingga adonan agak kalis.
3. Tambahkan mentega putih dan garam, terus aduk hingga adonan kalis.
4. Bulatkan adonan dan istirahatkan selama 10 menit.
5. Bagi adonan @ 450 gram dan biarkan selama 15 menit.
6. Adonan dibentuk roti tawar dan letakkan di loyang roti tawar yang
sudah dioles margarin.
7. Biarkan adonan mengembang ( + 90 menit ).
8. Panggang hingga matang, berwarna kuning kecoklatan (untuk suhu= 200 C dipanggang selama 20 menit).

Jangan lupa, tepung terigu di pasaran ada banyak macamnya. Tapi yang dimaksud tepung terigu protein tinggi adalah:
1. Bogasari Jakarta: Cakra Kembar
2. Bogasari Surabaya: Kereta Kencana
3. Eastern Pearl Makassar: Gerbang
4. Panganmas Cilacap: Kantil
5. Sriboga Semarang: Tali Emas
Jangan sampai salah pilih tepung karena adonan bisa bermasalah.

Selamat mencoba. Kalo udah berhasil, dikirim ke sini juga boleh.

About these ads

31 responses to “Resep Membuat Roti Tawar

  1. makasih resep roti tawarnya.klo dikirim kesana takutnya keburu jamuran, gimana yaa,,,,?

  2. Thx resepnya. Kyknya gampang tuh. Mo nyoba nih.
    Btw punya resep otak2 bandeng Bu Zaenab nggak? Saya suka beli disitu buat oleh2. Rasanya manis pedas gitu,enak pokoke

    • ya, sama-sama. itu memang sengaja dikasih resep yang gampang. resep otak-otak bandeng ngga punya, cak. eh bu zaenab tu yang mana tokonya? jadi penasaran pengin njajal.

  3. o….., githu ya…..
    makasih dah mbagi resepnya.
    dari kmaren-kmaren nyoba buatnya, tapi gagal terus.

  4. trims resepnya,gua akan coba siapa tahu kalo gue bisa gue mau nyoba buka usaha dagang roti

  5. Bs d bkin rti bkar g y

  6. terimah kasih atas resep roti tawarnya ya…..

  7. ah.. akhirnya mau bikin roti tawar dapat juga resepnya … cuman aku ada pertanyaan, gak pake telor yah?

    • Roti tawar biasanya gak pakai telur. Kalau mau pakai telur bisa juga or pakai resep roti manis. Kalau pakai telur, jumlah airnya dikurangi sejumlah volume telur ya…

  8. mba..
    klo adonannya roti ini digoreng.. jd roti isi bisa ga ya?
    coz ak mw buat roti isi..
    mhn infonya.txs
    fb: aeny ade abang (ma_r1n403@yahoo.co.id)..
    txs

    • Bisa… Tapi sebaiknya ditambahi mentega, gula or telur, supaya jadi roti manis n lebih enak n empuk yaa…

  9. Sip, tengkyu resepny, mau dicoba. Bs jg roti isi jg kan?

  10. apasih bedanya buat roti tawar pake susu bubuk dengan susu kental manis???
    itu foto yang pake topi anda ya…..

    • mb Evi:
      1. sama aja. tapi yang harus diperhatikan, jumlah air dlm resep dosisnya disesuaikan dgn air di SKM. susu bubuk kan zat padat. airnya segitu. SKM kan udah cair. nah airnya kudu masuk perhitungan. geeto katanya istri.

      2. ho oh.

  11. klow atasnya ditaburi mesis jga bsa kan……………….

  12. terima kasih resepnya aku akan memcobanya
    dan juga bahannya sangat sederhana dan mudah di dapat jadi aku akan segera di coba,thanks

  13. manteb, rek. mau aku coba ntar.

  14. Thank’s y resepny!
    Tp sy maunyak nih!
    Saya khan punya home industri, (kategori menengah)
    Saya kurang ahli dlm membuat roti tawar yg kembang, dan lembut!
    Tolong dong solusinya!
    D tunggu y!

  15. Fauzi masih anak smp kelas 2

    Aku emang masih smp kelas 2 dan aku juga laki2 bukan perempuan , tapi gemarku untuk masak dan berkarya dalam bidang makan-makanan itu besar. comment utk resep roti tawar kya’a lumayan, dicoba dulu aja lah!!!

  16. panjenengan hebat mas, sy salut juga sama istri mas, salam kenal dari papua

    • hehehe hebat apanya, mbakyu? soal dunia roti, jabatan saya cuma jadi tukang icip-icip. salam kenal juga dari gresik city.

  17. gimana biar kulit roti tawar bisa lembut,biasax sehari udah keras kulitx…makasih…

  18. mas kenapa ya kalau roti tawar sudah dingin pinggirannya minggang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s