Gresik – Dimana Letaknya

Kayaknya topiknya konyol ya. Siapa sih yang ngga tau letaknya gresik. Apalagi dengan adanya lumpur lapindo, nama Gresik, Surabaya dan Sidoarjo jadi makin terkenal. Tapi rasanya sejak SD kita sudah dikenalkan dengan nama Gresik berkaitan dengan sejarah masuknya Islam ke pulau Java.

gresik

Gresik terletak di pulau Java, sebelah utara Surabaya, masuk dalam propinsi Java Timur. Bentuk pemerintahan daerah adalah kabupaten. Dan tidak ada kodya. Batas selatan kabupaten berbatasan langsung dengan Surabaya dan Mojokerto. Batas barat dengan Lamongan. Batas timur berhadapan langsung dengan selat Madura. Sedangkan batas utara adalah laut Java.

Cuacanya cenderung panas dan kelembaban tinggi. Tingkat polusi kayaknya tinggi. Soalnya kalo liat atap rumah cepat sekali kotor. Dan sesekali juga limbah bau beraroma pupuk urea (pesing) menusuk hidung. Ngga tau deh darimana bau urea itu berasal (sebenarnya tau, cuma males aja dikira menjelek-jelekkan). Gresik selalu terlambat masuk musim hujan dan paling awal pergi meninggalkannya. Hari ini Jakarta udah banjir-banjir, Gresik masih santai-santai. Bahkan Surabaya lebih sering dapet hujan daripada Gresik. Mungkin letak geografisnya di pulau Java yang membuatnya begini. Orang-orang sini bilang sih karena banyak petani garam yang minta bantuan pawang untuk menggeser hujan. Nggak ngerti bener apa nggak.

Apa sih yang paling berkesan untuk saya? Ada. Yaitu setelah 1 tahun tinggal di Gresik, saya kehilangan anak pertama saya karena tumor otak. Kesan lain belum ada. Oya, jangan tanya saya tentang rasa pudak ya. Soalnya saya sendiri belum pernah makan. Mbeliin orang sih sering. Tapi secuil aja ngga pernah makan. Karena saya memang ngga suka makanan manis. Apalagi di rumah sudah ada istri dan anak yang manis-manis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s