Web Hosting Gratis – Mbok Ada Yang Butuh

Orang kayak saya sih senengnya apa-apa kalo bisa yang gratis aja. Ngeblog aja pilih yang gratis di wordpress.com. Domain selain yang dot com, juga punya yang co.cc. Yah lumayan lah buat iseng aja. Asal yang gratis jangan hotel ya. Nggak mau lah saya masuk hotel gratis alias hotel prodeo. Maunya yang bintang tujuh aja sisan.

Web Hosting juga ada yang gratis. Lumayan untuk dicoba, apalagi kalo kita punya web site dengan “tujuan tertentu”. Kalo bisa menekan biaya operasional, kenapa harus pake biaya. Ada 2 provider web hosting gratis yang saya sudah coba dan amati beberapa hal. Keduanya saya pilih untuk saya posting, karena keduanya memungkinkan untuk menjadikannya wordpress-based blog. Karena mereka support PHP dan ada database mySQL. Oya, saya kesulitan install wordpress di dua hosting itu pada awalnya. Tapi setelah kotak-katik wp-config.php sedikit, akhirnya problem solved dan blog wordpress saya running seamlessly. Bagi anda yang mengalami problem install wordpress di situ, silahkan kasih komentar ya. Akan saya bantu sebisa saya. Tapi kasih laporan yang komplit. Jangan cuma tulis, “dik, saya coba install wordpress, ndak mau, muncul error”. Langsung tak buang. Anda kan tau, instalasi wordpress tu bukan cuma uploading wordpress engine script, tapi juga melibatkan aktivasi database. Kedua web  hosting gratis ini menggunakan server mySQL yang berbeda namanya.

Yang pertama dari http://www.000webhost.com. Kita dimanjakan dengan 1500 MB kapasitas dan 100 GB traffic for free. Edan banget. Support PHP dan ada mySQL. Masih ditambah full control panel feature. Ngarang lah untuk sebagai sebuah layanan web host gratis. Tapi ya gitu itu feature nya. Lebih detail feature apa saja yang tersedia klik di sini. Sekalian aja daftar. Bisa dipake hosting utk domain kita sendiri, atau minta subdomain gratis dari mereka. Enak lah pokoknya.

Yang kedua dari http://www.cilacaponline.web.id . Bedanya dengan 000webhost adalah kapasitasnya, cuma dikasih 300 MB. Traffic juga lebih kecil, saya lupa dikasih berapa. Cilacaponline ini kayaknya sih cuma reseller dari XLhost.com. Sedangkan feature yang lain, sama juga dapetnya, macem full control panel, PHP, mySQL. Kalo daftar di sini, dikasih domain gratis co.cc. Tapi juga bisa dipake untuk hosting domain kita sendiri. Enak lah pokoknya.

Server mereka terletak di USA. Saya sudah trace route dengan visual route 2008. Hanya saja yang cilacaponline ternyata ada proteksi tambahan (firewall) untuk meningkatkan keamanan server. Jadi ada kemungkinan untuk bermasalah dengan search engine (saya belum bisa buktikan). Tapi kemarin saya coba connect dengan google webmaster tools, ngga bisa connect karena aktifnya firewall itu yang mengira google adalah serangan.

Kedua web hosting server gratis ini juga tidak ada iklannya. Terutama yang 000webhost. Kalo yang cilacaponline ada iklan saat kita login di control panel. Tapi di web kita, ndak ada. Bersih semua. Bonafide lah keliatannya. Asal jangan kedatengan pembeli pinter. Lalu check whois data, munculnya hostingnya gratis. Duh, mumet deh customer kita jadi kabur.

6 responses to “Web Hosting Gratis – Mbok Ada Yang Butuh

  1. Web host nya gak bisa daftar. Error terus ip confirm exe nya😦, gak pernah ngasih kode valid

  2. Terus tambahan neh bos

    Setelah saya check, untuk program affliatenya ternyata Scam.

    Iya scam, waduh nyeselneh, mana dah bikin artikelnya di sini, buang buang waktu aja jadinya.

    Udah gitu saya juga dah cape cape nerangin tentang bagaimana mengatasi error di ip_confirm.exe

    wah cape banget jadinya, and gak ada hasilnya

    kalo saya saranin mending kalo nyari duit di internet pake backlinks aja, saya sudah membuktikannya sendiri, walau cuma dapet $2/bulan untuk page rank 3, tapi pasti dan rutin. Tuh di link itu ada bukti pembayaran backlinks ke saya, karena sekarang saya gak berani menganjurkan program affliate kalo belum terbukti.

    Yang saya bingung, kenapa saya gak coba cari di google 000webhost scam pas waktu pertama kali nyoba, karena ternyata di google ada seabreg-abreg informasi kalo 000webhost itu scam.

    Ya udah, mau diapain lagi deh kalo dah gini. Lain kali lebih hati hati aja kali ya.

    Ok deh, c u next time.

    • makasih sudah inform soal affiliate yang ternyata scam. saya malah baru tau neeh. tadi saya coba cek page affiliate saya, memang ada 3x register tapi ditolak dengan alasan fraud. kayanya yang satu punya anda kali ya. saya belum lakukan testing fraud lebih jauh (karena ada banyak kemungkinan tindakan kita dianggap fraud). mungkin ada fakta baru yang bisa diungkap kalo sudah dilakukan investigasi. anehnya, posting saya baru 2 hari tapi udah 3x register. makasih yang sudah cobain ya.

      saya coba barusan 10 menit yang lalu register langsung tanpa affiliate di http://000webhost.com ngga ada masalah. ip confirm juga langsung keluar. dan berakhir sukses. jadi bagi anda yang masih butuh free hosting, coba juga di sini, tapi langsung register tanpa link affiliate ya. harusnya sih lancar.

      yang saya agak rasa bermasalah cuma letak server 000webhost yang harus dicapai dengan melewati sampai 15 node dari gresik sini. itu berarti ada kemungkinan pelambatan akses karena terlalu jauh. tapi sekedar info aja, saya juga punya 4 acc hosting berbayar di provider Indonesia, semuanya juga gitu kok, butuh 15 node untuk mencapai server dari sini. jadi ngga beda sama yang gratisan macam 000webhost. malah ada satu provider yang saya coba trace route ternyata servernya di Germany, padahal janjinya server USA. capeee deh.

      makasih sudah mampir dan sudah informing.

  3. ooowebhost gratisnya selamanya ato setahun aja trus bayar

    • ini yang saya belum tau, soalnya belum expired nih yang saya pake.

      oya itu bukan ooowebhost ya, tapi 000webhost (zero-zero-zero-webhost). makasih sudah mampir.

  4. baru coba yg 0fees.net….tapi gimana cara makenya bro…tolong pencerahannya🙂

Leave a Reply

