Palestina Vs Israel – Kenapa Kita Sewot?

Sudah beberapa hari ini berpikir untuk ikut mencurahkan isi hati soal agresi israel ke Gaza strip. Tapi karena apa yang ada di pikiran saya justru bertolak belakang dengan arus pendapat grass root di negeri ini, membuat saya ragu untuk berpendapat. Akhirnya tadi pagi mendengar diskusi di radio SCFM Surabaya mengenai agresi ini dan Alhamdulillah kok diskusi sepaham dengan saya, jadinya saya memberanikan diri menulisnya di blog ini.

Saya seorang muslim dengan kualitas pas-pasan. Saking pas-pasannya, saya rasa istilah moderat pun ngga cocok untuk saya. Pokoknya saya adalah muslim dengan jumlah shalat yang normal per hari nya.

Saya sedang bingung. Agresi israel ini kan jelas-jelas menyerang Gaza strip dan bahkan memungkinkan untuk diarahkan ke genocide. Tetapi yang sangat-sangat-sangat-sangat mengherankan saya adalah, negara-negara muslim tetangga Palestine kok diem aja. Liga Arab bahkan gagal membuat resolusi yang isinya cuma sekedar mengutuk agresi itu. Hanya sekedar mengutuk. Arab Saudi sungguh sangat diam. Mesir (yang berbatasan langsung dengan Tepi Barat) malah justru menutup rapat-rapat perbatasannya. Hezbollah Lebanon sudah menyatakan tidak akan terlibat (Kompas 6 Januari 2009).  Syria di sisi utara israel tidak ada reaksi. Iran yang kelihatannya paling siap, ngga ada tanda-tanda untuk mengirim pasukan perang membela Gaza strip. Bahkan, ini yang lebih membuat saya makin bingung, presiden Palestine, Mahmoud Abbas, terkesan membiarkan Gaza dihancurkan. Mahmoud Abbas dikabarkan sempat bertemu dengan misi kemanusiaan Indonesia justru di Amman, bukan di Palestine. Ini kan aneh sekali dan membingungkan.

La wong tetangga Palestine saja adem ayem, kok ngapain kita-kita yang jauh di sini malah lebih sewot? Bahkan presiden Palestine sendiri juga ngga ngurusin, kok kita mo kirim Mujahid?

Saya tidak puas dengan jawaban dari satu pembicara tadi dari Surabaya yang mengatakan bahwa menyesalkan sikap pemimpin-pemimpin muslim yang membiarkan agresi israel ini. Rupanya si pembicara ini tidak senang adanya perbedaan pendapat antara sesama muslim menyikapi kasus ini. Padahal perbedaan pandangan itu sudah benar-benar terjadi dan benar-benar ada, dibuktikan dengan Liga Arab yang melempem. Jadi, ngapain kita sewot, wong tetangga Palestine aja malah seperti ngga ada apa-apa kok di sana.

Yahoo News tadi pagi juga memberitakan, usulan Iran untuk menggunakan embargo minyak sebagai upaya menekan israel ternyata ditentang negara timur tengah lain. Jadi memang timur tengah sudah sangat tidak kompak. Jadi, ngapain kita sewot, wong tetangga Palestina saja sudah tidak kompak? Bahkan Hamas vs Fatah sendiri sering sekali saling serang dan tembak. Jadi ngapain kita ikut sewot, wong mereka sendiri saja sering bertengkar?

Ke depan, sebagai upaya solidaritas kepada Palestina, paling pas adalah menggalang dana dan mengirimkannya ke Palestina. Organisasi besar macem FPI dan HTI sebaiknya bikin gebrakan untuk mulai memungut sumbangan dari masyarakat. Lewat internet juga bisa. FPI atau HTI sebaiknya membuat web site atau menggunakan existing web site mereka utk mengumpulkan dana. Paling gampang lewat Paypal. Siapapun pemilik kartu kredit bisa menyumbang dengan cepat. Saya pengin membuka sendiri dompet Palestine, tetapi karena saya cuma perseorangan, saya tidak bisa. Pasti akan menimbulkan fitnah. Harus organisasi yang kredibel.

Saya rasa penggalangan dana adalah bentuk paling pas sebagai tanda persahabatan kita dengan muslim Palestine. Itupun sebenarnya kadang saya sering ragu karena di lingkungan kanan-kiri kita pun, masih buuuuwanyak sekali dhuafa yang bisa jadi lebih prioritas dibantu daripada Palestine. Barang siapa percaya Hari Akhir, maka muliakanlah tetanggamu. Jadi, ngapain kita sewot mikir Palestine wong sama tetangga yang dhuafa aja malah ngga mau bantuin?

Udah ah, pusing.

16 responses to “Palestina Vs Israel – Kenapa Kita Sewot?

  1. lo bilang napa harus sewot israel vs palestina,gini aj ya coba lo bayangin,misalkan indonesia itu palestina,perang dimana-mana,keluarga lo mati semua didepan lo,dibunuh dengan sadis semisalkan di bom dari udara atau ditembak,emang lo pikir peluru itu punya mata,punya perasaan ga tapi manusia yang punya itu semua,manusia punya kendali atas apa yang mereka lakukan selama akal sehat mereka masih ad,ya klo g ad y gt deh kayak orang2 israel,liat aj cepet atau lambat israel itu g ad lagi di peta dunia……..

    • makasih sudah mampir. sayang komentarnya ngga pragmatis dan ngga fokus. kenapa harus berandai-andai, wong problemnya di depan mata kok.

  2. buat imanuciha
    bukan israel yg akan ngabisin indonesia tapi Malaysia bung,dia mulai gerogotin tanah kita dari pinggir gitu lho,tapi ya biarin aja ya, liat aja cepet atau lambat indonesia g ad lagi di peta dunia…….(sadar gak lo !)

  3. Hahaha…
    G setuju tuch sama abdullah!

    Mending urus negara sendiri dulu dech, wong negara sendiri adja masih semerawut, wut…, wut…!

  4. Bukan masalah jauh apa gaknya bung.. ini masalah kemanusiaan..

    • cak Danta, kalo cuma alasan kemanusiaan, ngga usah jauh-jauh nyari persoalannya, cak. buwanyak sekuali di depan mata kita. kok anda nggak kasian?

  5. masalah kemanusiaan hanya retorika
    intinya pada demen menghujad dengan kedok Agama dan kemanusian
    PBB dah mengeluarkan resolusi tapi baik Hamas maupun Israel sama2 menolak,jadi………..marilah kita melihat dg hati dan pikiran yang jernih
    mari kita keluar dari rumah melihat sekeliling kita memberikan bantuan kepada yang memerlukan supaya Allah senang melihat kebaikan kita,mudah2an masih kebagian tiket ke Surga.

    • duh mak nyessss baca yang beginian. tadinya saya pikir cuma saya yang berpikir macem gini sendirian, ternyata ada yang sama.

      bagi pembaca yang berniat shodaqoh untuk Palestine, barusan saya dapat nomor rekening MER-C yaitu BCA 686.0153678 (a.n. Medical Emergency Rescue Committee) dan BSM: No. Rek. 009.0121.773 (a.n. Medical Emergency Rescue Committee). Tapi jujur saja, saya ngga verifikasi ya atas keabsahan nomor rekening itu karena cuma dapat dari email berantai temen-temen.
      partai PKS juga buka layanan yang disebut one man one dollar untuk Palestine. silahkan pilih yang pas untuk anda. jangan lupa kalo mo shodaqoh, berangkat dengan menyebut basmallah dan niat yang ikhlas.

  6. lo kok kta yg sewot?????
    bkan sewot tp bnci……….
    y iyalackh israel ntu kbangetan bgd dah bobolin smua yg di lewatin trmasuk anak2 nd’ ibu2. mhn donk dlihat dgn hati gak usah nnggu timur tengah bergerak….. mulailakh dgn ksadaran sndiri . tpi sbaiknya kta ngasikh bntuan yg kta bisa kyak do’a nd’ bantuan medis jg mkanan / uang. klu pke2 mgirim pasukan kyak n’a gak cocok dakh….. kta aj serba kekuranagan

    • non Kia (apa nyonyah ya?), itu yang saya maksud. sedihnya sih iya. dan saya paling sedih karena ternyata sesama Arab ngga saling menolong. andaikan israel diserang dari seluruh penjuru, hari ini, langsung tumpes deh. ada libanon, suriah di utara (plus hezbollah), ada jordania di timur (iran juga bisa masuk lewat jordania), ada saudi dan mesir di selatan. kurang apa? pastinya kurang kompak. pagi ini nonton tvone, ada berita israel sudah pake gas kimia kasat mata, yang membunuh warga secara perlahan. ngeri ya. sedih lah. paling-paling cuma bisa kirim shalat ghoib utk Palestine.

  7. Gini lu …saya hanya memberi tahu saya “Jangan mengutuk Orang orang israel”ivent mereka jahad dan kejam karena itu sangat dimurkai Tuhan…event saya bukan muslim saya berdoa yang terbaik buat mereka..but menurut orang muslim orang yahudi akan nyumput di batu yang teguh dan pohon apa gt lupa…pohon yang teguh ?siapa lagi kalo bukan Mesias (Tuhan Yesus)..event israel sejahad apapun kita gk bole mengutuk kita hanya boleh mendoakan ..karena israel itu ada mata kanan Tuhan ,sekalipun tegar tengkuk dalam kehidupan Tuhan akan selalu bela mereka ,karena janji Tuhan gk pernah berubah…so GB all ya

    • duh saya ngga ngerti nih komentar piss forever. tata bahasanya aneh bgt, kayak anak kecil kasih komentar. tidak terstruktur dgn baek. saya approve aja biar ngga penasaran.

  8. iya… emeng aneh, palestina vs israel ini sudah menarik banyak perhatian publik sedunia. sbagian org bisanya cm nghujad israel. ditambah dg amerika yg dukung israel abis2an, nambah dah org2 makin black list ma tu 2 negara yahudi, padahal frenz, kt bs ambil plajaran lho dr mrk ber2. solidaritas US yg tinggi mpe abis2an ngdukung israel baik materi maupun fisik itu yg patut kt acungin jempol. sudahlah.. sekarang kita cukup ambil plajaran dari kejadian2 ini. stop menghujat, malah nambah2 dosa k kita, doain ja yg baik buat yg jd korban, n doain pula yg baik bwt israel mdh2an allah sbg hakim yg sngat adil bs mengadili seadil2nya.

    • malah makin bingung saya, israel udah stop serangan, Hamas malah masih nantangin pake roket. sak benernya tu maunya berakhir gimana.

  9. dilantine yang baik,
    saya pernah bilang marilah kita lihat dengan hati dan pikiran yang jernih itu kian terbukti kan ??
    antar Israel dan Hamas itu setali tiga uang wataknya,piss forever itu munkin maksudnya ngasih komentar ttg peperangan Islam dg yahudi yg di sana dikisahkan bahwa Yahudi lari dan sembunyi di balik batu dan pohon2 tapi sang pohon pun memberi tau dimana Yahudi berlindung,emang kalau di Alkitab itu yg tertulis tidak di tafsirkan secara harufiah,jadi batu,pohon,naga permpuan sundal dll yg tertulis di Alkitabnya piss forever itu bukan arti sebenarnya tapi cuma kiasan,tidak dg lugas persis dg yg ditulis,misalnya ada tertulis “Jika pipi kirimu di tampar orang berikan sekalian pipimu yang kanan”apa gak bonyok ?? ada yang aneh lagi kalau itu di turuti sesuai yg tertulis misal “Cukilah matamu jika……Potonglah tanganmu jika….karna lbih baik tapa tangan maupun mata untuk kerumah Bapa dari pada….”(mungkin si Piss Forever lebih paham) jd dlm hal ini kita melihat Timur Tengah itu sebagai pelajaran bagi ke Imanan kita sehingga menumbuhkan Perikemanusiaan dihati kita bukan sebaliknya,saya banyak membaca tulisan2 mereka yang “sewot”itu terasa sangat kejam bahasanya,bukan prihatin dengan banyaknya nyawa melayang sia-sia tapi malah mengobarkan semangat perang dengan profokasi menghabisi Israel ato Yahudi,lha apa bedanya dengan Israel sendiri ?? atau memang dengan kejadian Perang Hamas Israel ini dipakai kesempatan untuk mengungkapkan kebencian yg mendalam shingga muncul Hujadan kpd Negara lain maupun Agama lain atas dasar pikiran dan hati mereka yg Sebenarnya lebih Jahat,setahu saya (dari nenek ) setan itu mengajak kita berbuat jahat spy du murkai Allah,terus kalau ada orang yang ngajak kita ngebenci orang lain,membunuh orang lain apakah ada bedanya dg si Setan itu ??

    • cak Ab, kalo saya memang berangkatnya dari rasa bingung ngeliat para tetangga Palestine yang diem aja. bahkan mau bantuin aja repot banget pake pertemuan Doha (kemarin) dan Kuwait (hari ini).

      di blog lain yang menyarankan boikot produk amerika, saya perhatikan yang ditampilkan logo2 produk yang memang jarang dibeli. lalu saya sarankan utk boikot kedelai karena 80% kebutuhan kedelai kita dipenuhi dari amerika. ehh saya malah diomelin. menurut saya sih curang aja, nganjurin boikot ke produk yang tidak menganggu kehidupan kita. saat produk yang penting diboikot, ngga mau. lebih memilih boikot selektif. ya ngga niat nganjurin boikot deh namanya. hi hi hi.

Leave a Reply

