Cara Memilih Durian

Waduh sudah banyak posting tentang tips memilih durian nih di blog-blog lain. Cuma kok kalo dibaca isinya seperti agak mirip. Jadi saya membulatkan hati dan memantapkan tekad untuk menularkan pengalaman pribadi cara memilih durian yang matang.

Oya, penjelasan dikit dulu. Dari sononya, durian sudah punya basic taste. Jadi meskipun dalam status matang, rasanya ada yang manis total, manis biasa, bahkan ada jenis yang agak sedikit punya rasa pahit disamping dominan manis khas durian (konon karena kandungan alkohol yang lebih banyak dari jenis durian lain). Tips saya berikut ini adalah untuk memilih durian yang matang dan tua. Dan tips saya ini menggunakan metode visual, berbeda dengan tips durian di blog lain yang sampe harus dipukul-pukul, dicium, dikocok segala.

Langsung saja nih:
1. pilih durian yang memiliki bentuk ruang-ruangnya (saya nyebutnya sih pongge) seperti atlit binaraga. Berotot pating plengkenuk begitu. Karena pongge yang penuh sesak seperti t-shit kekecilan menandakan buah sudah cukup umur dan daging buahnya sudah berkembang maksimal. Kalo durian nampak terlalu kurus ponggenya, anda harus hati-hati karena biasanya itu bermasalah (petik muda atau buah tidak berkembang).

2. Perhatikan kulit buah tidak boleh ada cacat. Misal lubang-lubang kecil-kecil mencurigakan, black spot atau bahkan nampak ada tanda pembusukan. Pasti nyesel dah. Juga jangan pilih yang udah kebuka ujung bawahnya karena aromanya udah pasti hilang.

3. Jangan sekali-kali pilih buah durian yang kulit luarnya masih ada warna hijau, meski cuma setitik. Ini yang susah. Pilih buah durian yang 100% berwarna coklat. Prinsipnya, semakin tua buah durian, warna kulit semakin coklat, bahkan agak gelap. Sehingga warna hijau tidak ada lagi walau cuma setitik. Kalo sampe anda jumpai kulitnya kering, kemungkinan itu buah yang sudah lama ngga laku.

4. Jangan coba-coba beli duren kalo malem hari. Karena metoda saya adalah metode visual. Malam hari tidak ada cukup cahaya untuk memeriksa kulit durian.

Empat tips saja sudah cukup membantu saya memilih buah durian yang matang. Selalu sukses. Tapi silahkan saja kalo anda punya tips yang lain.

Selamat memilih durian. Tips memilih durina ini juga berlaku untuk durian bangkok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s