Download Humor Cilacapan Curanmor – Obat Kangen

Sebagai wong Cilacap asli yang 700 km jauhnya sekarang, salah satu hal yang paling dikangeni adalah ketemu lawan bicara yang sama-sama pengguna bahasa Cilacap. Ada sih orang Gombong yang rumahnya di Randu Agung situ. Suami-istri asli banget Gombong. Cuma karena udah terlalu lama di Gresik, kalo tak pancing bahasa Cilacap, ngga mau nanggepin. Tetep aja dengan dialek sini. Ya monggo kerso saja wong itu hak asasi. Tapi di sisi saya jadi ngga puas karena ngga punya lawan bicara.

Kadang dilampiaskan pake ponsel. Sekarang ini kan tarif telkomsel simpati udah jatuh banget. Murah lah pokoknya. Dan lebih banyak lagi co-konco di Cilacap sana ataupun temen-temen SMA juga pengguna telkomsel simpati. Jadi nek pas kangen ngomong gaya blekethukan ya tinggal pejet hape dan ngobrol sak jam.

Tapi ada yang unik dari satu temen Purbalingga. Dia kirim ke saya via email sebuah rekaman acara radio Yess Cilacap bernama Curanmor. Curahan Kasih dan Humor. Rekaman berdurasi pendek hanya sekitar 6 menit plus minus betul-betul menghibur diriku. Tokoh-tokoh Curanmor diasosiasikan dengan gaya orang-orang desa di Cilacap, sebuah gaya bahasa yang saya sendiri orang Cilacap kota saja sering terpingkal-pingkal ketawa kalo mendengar secara live di sana. Jadi Curanmor betul-betul humor khas Cilacap yang sungguh pantas diacungi jempol dengan gayanya yang khas.

Skenario cerita sih biasa saja. Mungkin pernah kita dengar di acara lain. Misal “Kardi Tukang Nyonto”. Tapi karena disuguhkan dengan ramuan, bumbu dan materi yang berbeda, rasanya pun menjadi lain. Meskipun akhir cerita sudah bisa kita ketahui. Terlepas dari, salut lah untuk Kang Sadimin dengan acara Curanmor nya yang spesial.

Bagi co-konco Gresik yang pengin download rekaman Curanmor, ada yang berbaik hati meletakkannya di internet di link http://radenbeletz.blogdetik.com . Silahkan di download. Buat crew radio Yess Cilacap, salam ya utk P. Helmy. Saya dulu pernah minta tolong bikinkan seminar sama beliau di Griya Patra. Yang rumah lama di jl Putra 2. Mbok menawa esih kelingan beliau nya maring enyong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s